Lash Extension
5 min read

Benarkah Sambung Bulu Mata Halal? Berikut Info Selengkapnya

Benarkah Sambung Bulu Mata Halal? Berikut Info Selengkapnya
Written by
Full Name
Published on
May 11, 2023

Jika berbicara soal hukum sambung bulu mata maka akan memicu perdebatan. Ada yang bilang bahwa sambung bulu mata haram namun tidak sedikit pula yang setuju kalau sambung bulu mata halal, tidak berbeda dengan makeup yang sifatnya adalah mempercantik wajah dan hanya sementara. Terlepas dari itu semua sebenarnya hal tersebut dikarenakan banyaknya persepsi yang salah sudah menjamur di masyarakat.

Persepsi Miring Terkait Eyelash Extension

Persepsi yang salah harus segera diluruskan karena bisa merugikan pihak lain. Terutama soal sambung bulu mata atau bahasa lainnya dikenal juga dengan Eyelash Extension atau etension bulu mata. Persepsi miring yang banyak dibicarakan tersebut diantaranya:

  • Bisa merusak kesehatan mata dan area sekitar
  • Air tidak sampai ke kulit sehingga menghalangi air wudhu
  • Bulu mata tidak boleh terkena air dalam jangka waktu tertentu
  • Bahan yang digunakan haram
  • Merubah penampilan secara permanen

Datangnya persepsi miring tersebut yang membuat seorang wanita jadi takut untuk melakukan Eyelash Extension. Namun sebenarnya tidak demikian apa yang dihasilkan dari metode Eyelash ini. Kesalahan saat sambung bulu mata memang bisa membahayakan, tapi bukan metodenya yang salah melainkan praktisinya.

Fakta yang Sebenarnya Tentang Sambung Bulu Mata

Jika tadi Anda sudah mengetahui tentang berita miring yang berkembang maka jangan dulu dipercaya. Soal sambung bulu mata ini sebetulnya aman-aman saja asalkan dilakukan dengan baik dan benar. Nanti hasilnya akan seperti ini:

  • Mata tetap sehat dan tidak ada efek buruk yang membahayakan mata
  • Air tetap bisa meresap ke kulit karena ada jarak 1 mm antara kulit mata ke bulu mata palsu yang disambung
  • Bulu mata boleh langsung terkena air karena menggunakan lem khusus waterproof
  • Bahan Eyelash halal karena merupakan bahan buatan bukan dari bulu hewan atau manusia. Bahan tersebut adalah bahan sintetis.
  • Eyelash ini bersifat sementara dan ikut rontok dengan sendirinya dalam kurun waktu 4 sampai 5 minggu, sesuai dengan siklus kerontokan normal bulu mata manusia.
  • Eyelash Extension tidak merusak bulu mata asli, sebab ditempelkan pada helaian bulu mata, dengan proporsi tertentu sehingga tidak membebankan bulu mata secara berlebih.
  • Sambung bulu mata tidak menyebabkan kebutaan, jika dilakukan oleh terapis yang professional dan di training dengan baik.

Jika melihat hasil dari eyelash ketika ditangani dengan seorang ahli maka sangat jauh berbeda dari berita miring yang berkembang di masyarakat. Tentu hal ini yang menyebabkan para wanita takut untuk mempercantik diri dengan sambung bulu mata.

Benarkah Sambung Bulu Mata Halal? Berikut Info Selengkapnya

Kriteria Salon yang Teruji Halal

Anda tentu bisa menilai sendiri bahwa sambung bulu mata halal. Tidak ada yang dirugikan bagi Anda jika ingin sambung bulu mata. Kesalahan terbesar terletak pada praktisi yang memasang bulu mata palsu kurang ahli dan profesional. Untuk itu Anda sebaiknya ketahui kriteria salon yang teruji halal berikut berikut:

  • Praktisi para terapisnya sudah tersertifikasi dan diakui
  • Memiliki pengalaman yang cukup lama, dibuktikan dengan referensi dan portofolio yang baik.
  • Menggunakan bahan-bahan yang halal dan teruji klinis
  • Mempunyai prosedur sterilisasi yang baku, sehingga peralatan dan bahan terhindar dari kuman dan bakteri
  • Tidak menggunakan bulu dari hewan atau manusia
  • Salon sudah mendapatkan izin usaha

Kurang lebih dalam menemukan salon yang terbaik sudah mencakup beberapa hal diatas. Terutama soal sertifikasi karena sangat sulit dan ketat jika ingin mendapatkannya.

Salon Sambung Bulu Mata Terpercaya di Jakarta

Jika Anda ingin mendapatkan salon kecantikan yang terpercaya di Jakarta maka bisa mengunjungi Salon Everlash. Everlash ini sudah bersertifikasi dan sekaligus menjadi pakar dalam bidang kecantikan. Memiliki tenaga yang profesional serta alat kecantikan yang sangat lengkap.

Dalam pengaplikasian bulu mata sangat detail, cermat dan teliti. Bukan hanya soal kesehatan dan keamanan saja yang menjadi fokusnya tapi juga memperhatikan penampilan Anda setelahnya.

Benarkah Sambung Bulu Mata Halal? Berikut Info Selengkapnya
Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.