Standar Eyelash Extension Aman dan Tidak Berbahaya

Pada dasarnya, eyelash extension aman bila memenuhi SOP (standart operational procedure) yang telah ditetapkan. Mengingat prosedur ekstensi bulu mata yang dilakukan berada pada area sekitar syaraf, ketaatan dalam pengaplikasian memang sangat penting. Seperti apa standar prosedural sambung bulu mata yang aman?

Standarisasi Prosedur Operasional Eyelash Extension

Teknik penyambungan bulu mata yang berkembang saat ini merupakan metode yang dipopulerkan dari Korea Selatan. Negeri ginseng itu sendiri sangat terkenal dengan riasan dengan konsep natural dan minim risiko. Adapun standar yang ditetapkan untuk kelayakan tindakan penyambungan bulu mata adalah sebagai berikut :

1.     Menggunakan Bulu Mata Palsu yang Aman

Standar keamanan pertama dari tindakan eyelash extension tentu saja berkaitan dengan bahan yang digunakan untuk helaian bulu mata palsu tersebut. Di pasaran, ada bulu mata dari bahan-bahan buatan (artifisial) serta yang berasal dari hewan. Dari segi higienitas, tentu bulu mata artifisial lebih aman.

2.     Menggunakan Lem yang Aman

Eyelash extension aman bila diaplikasikan menggunakan lem yang aman untuk kulit. Terdapat lem khusus yang memang digunakan untuk penyambungan bulu mata. Lem jenis ini menempel kuat dalam beberapa waktu serta tahan air. Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada, banyak vendor nakal yang menggunakan lem non standar.

3.     Peralatan Steril

Meskipun banyak yang berpikir bahwa penyambungan bulu mata hanya melalui proses penempelan helai demi helai, bukan berarti kesterilan alat yang digunakan tidak perlu diperhatikan. Bagaimanapun, penyambungan bulu mata berkontak langsung dengan jaringan kulit serta syaraf sehingga kesterilan alat tetap penting diperhatikan.

4.     Diaplikasikan oleh Tenaga Profesional

Satu standar yang masih sering dilanggar oleh pelaku di industri eyelash extension tidak lain adalah tenaga yang mengaplikasikan tindakan tersebut. Sejatinya, tidak sembarang staf boleh melakukan penyambungan bulu mata. Jika ingin eyelash extension aman, maka harus dilakukan tenaga profesional.

Kriteria Tenaga Profesional untuk Mengaplikasikan Eyelash Extension

Berbicara soal tenaga profesional dalam penyambungan bulu mata, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi :

  1. Staf tersebut harus benar-benar memahami standar operasional eyelash extension. Bukan sekadar tahu, tetapi paham sehingga dapat melakukan prosedur dengan tepat.
  2. Bisa memberikan saran tentang variasi eyelash extension yang cocok untuk klien, khususnya berdasarkan kontur wajah, terutama bentuk mata.
  3. Dapat melaksanakan tahapan demi tahapan ekstensi bulu mata tanpa melupakan satu detail pun.
  4. Telah lulus uji keterampilan ekstensi bulu mata dan dapat menjamin prosedural eyelash extension aman untuk klien.

Mengapa staf yang melakukan tindakan penyambungan bulu mata harus memenuhi kriteria di atas? Sebab, staf tersebut merupakan eksekutor utama yang menentukan hasil akhir dari eyelash extension tersebut.

Dampak Buruk Eyelash Extension Asal-Asalan

Tidak dapat dimungkiri bahwa banyak sekali vendor penyedia jasa di luar sana yang masih abai terhadap poin-poin keamanan eyelash extension di atas. Dampaknya?

  • Klien dapat mengalami alergi akibat bahan bulu mata palsu yang digunakan tidak aman atau bisa juga karena bahan lem yang tidak sesuai standar.
  • Tampilan dari eyelash extension tidak sesuai harapan karena staf yang bertugas tidak memiliki teknik yang mumpuni.
  • Peralatan yang kurang atau bahkan tidak steril dapat menjadi media penyebaran silang bakteri berbahaya.

Sebab itulah, penting untuk mencari vendor yang berani menjamin prosedur eyelash extension aman. Di antaranya adalah Everlash Indonesia yang selalu memastikan operasional dijalankan sesuai dengan standar keamanan eyelash extension.

Info lengkap mengenai pilihan-pilihan tipe pemasangan, dapat dilihat di tautan berikut ini https://everlash.id/ dan di https://everlash.id/pages/contact

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published