Ternyata Ini yang Membuat Eyelash Extension Halal

Terkait halal dan haramnya Eyelash Extention menjadi perbincangan yang tiada habisnya. Ada yang pro dan kontra soal penggunaan metode kecantikan yang bernama Eyelash Extention ini. Ada yang bilang Eyelash Extention halal, namun tidak sedikit juga yang mengharamkannya.

Jika dilihat, apa yang membuat eyelash extension itu dikatakan haram adalah yang beranggapan bahwa meyambung bulu mata itu sebagai perilaku merubah ciptaan Allah SWT. Meskipun Islam melarang perbuatan menyambung rambut, namun ada beberapa ulama yang memiliki perbedaan pendapat diantaranya adalah ulama Hanafi.


Ulama Hanafi berpendapat bahwa wanita yang sudah menikah boleh menyambung rambutnya dalam rangka menyenangkan hati suaminya. Hal ini sependapat dengan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA berikut ini

“Aisyah berkata: Subhanallah, tidak ada bahaya bagi wanita yang jarang rambutnya untuk memakai sesuatu dari bulu, lalu menyambung rambutnya dengan bulu itu. Dia berdandan dengan itu (bulu) untuk suaminya. Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melaknat perempuan yang beruban dan telah uzur usianya, lalu dia sambung rambutnya dengan cara melilitkannya.”  [Jami’ Al-Hadits: 43260]

 

Jadi, penggunaan eyelash extension yang dimaksudkan untuk tipu muslihat adalah haram, namun penggunaan eyelash extention dengan maksud menyenangkan hati suami, adalah diperbolehkan.

Jika dilihat, efek yang diberikan Eyelash Extention banyak memberikan manfaat bagi penggunanya, seperti yang akan dibahas di artikel ini, namun masih banyak yang beranggapan bahwa sambung eyelash ini banyak ruginya. Lantas apa saja yang menjadikan Eyelash tidak merugikan? Dibawah ini informasinya.

1. Harus Aman dan Tidak Menimbulkan Bahaya Bagi Kesehatan

Eyelash Extention dikatakan halal jika aman bagi penggunanya. Banyak pengguna yang mengeluhkan soal keamanan pasti ada faktor yang melatarbelakanginya. Ternyata faktor paling utama agar Eyelash Extention ini tidak berbahaya harus benar dalam pemasangannya.

Sebuah jasa atau salon yang ingin membuka pemasangan Eyelash harus terlatih. Untuk itu tidak sembarangan orang bisa leluasa membuka salon untuk Eyelash ini. Salah satu salon di Jakarta yang sudah menjalankan pemasangan Eyelash sesuai standar adalah Everlash yang dipelopori oleh Yuliana.

Untuk keamanan dan kesehatan Anda sebaiknya bisa coba konsultasi dan melakukan Eyelash Extention di Salon Everlash. Ditangan Yuliana Anda akan terlihat semakin cantik dan mendapatkan Eyelash berkualitas.

2. Tidak Menghalangi Syarat Sahnya Wudhu

Penyebab yang menjadikan Eyelash Extention halal air tetap bisa mengalir ke area bulu mata. Kebanyakan yang bilang kalau Eyelash Extention ini haram disebabkan kesalahan persepsi saja. Persepsi sebagian orang bahwa air tidak bisa menyentuh kulit bagian mata.

Padahal persepsi tersebut salah dan yang benar air tetap bisa mengalir ke kulit. Kenapa demikian? Alasannya karena ada jarak 1 mm antara kulit ke bulu mata yang disambung. Jadi tidak langsung merekat ke kulit mata. Dengan lem yang waterproof alias tahan air, maka sambung bulu mata tidak akan apa-apa walau langsung terkena air.

3. Bahan Terbuat Bukan Dari Bagian Makhluk Hidup

Persepsi yang sering terdengar di kalangan masyarakat luas dikarenakan bahan dari Eyelash Extention dikabarkan berasal dari kuli hewan atau manusia. Jika bahan berasal dari makhluk hidup memang tidak diperbolehkan. Namun jika terbuat dari bahan buatan tentu bisa dipertimbangkan.

Bahan Eyelash Extention yang terbuat dari bahan buatan manusia tidak menyebabkan iritasi. Dan bahan ini lebih steril dibandingkan dengan bulu mata yang berasal dari hewan atau manusia. Maka dari itu jika datang ke salon untuk Eyelash Extention pastikan bahan eyelashnya dulu.

4. Eyelash Tidak Boleh Permanen

Melakukan perubahan apapun yang sudah diberikan tuhan hukumnya haram. Namun jika bisa berubah maka tetap diperbolehkan. Eyelash ini layaknya Anda bermake up yang bisa hilang baik dengan cara dibersihkan atau luntur dengan sendirinya.

Eyelash Extention ini juga demikian. Jika Anda pintar merawatnya maka bisa berlangsung 4-5 bahkan sampai 7 minggu. Itu artinya Eyelash ini tidak permanen dan bisa pudar seiring dengan berjalannya waktu.

5. Ditangani Oleh Seorang Profesional

Sebagaimana menyetir mobil kalau tidak dikendarai oleh sang profesional akan celaka. Demikian pula Eyelash Extention harus dilakukan oleh seorang yang memang ahli dibidangnya.

Jika yang melakukan pemasangan Eyelash terlatih maka tidak menimbulkan efek buruk bagi penggunanya. Misalnya saja dalam Eyelash dibutuhkan lem perekat agar bulu mata menempel. Jika dilakukan oleh seorang yang tidak profesional maka bulu bisa menempel ke kulit. Akibatnya bisa iritasi, perih dan banyak efek buruk lainnya.

Nah, sekarang tahu kan seperti apa dan mengapa Eyelash Extention itu diperbolehkan itu. Untuk salon Eyelash yang profesional bisa Anda serahkan pada Everlash. Dengan Yuliana sebagai pelopor salon Everlash, eyelash jadi aman, sesuai standar, sehat dan bisa membuat Anda tampil cantik.

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published