Brow Bomber
5 min read

Penyebab Alis Rontok, Cara Mengatasi, dan Rekomendasi Treatment Tepat

Penyebab Alis Rontok, Cara Mengatasi, dan Rekomendasi Treatment Tepat
Written by
Full Name
Published on
May 28, 2024

Alis bagaikan bingkai yang menyempurnakan keindahan mata. Alis yang tebal, rapi, dan simetris dapat membuat wajah terlihat lebih menarik dan berkarakter. Namun, tak jarang bagian ini mengalami masalah berupa alis rontok atau madarosis, sehingga membuat penampilan terasa kurang maksimal dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.[1]

Untuk kamu yang sedang bermasalah dengan alis rontok, berikut informasi lengkap tentang penyebab alis rontok, cara mengatasinya, dan treatment yang tepat untuk mengembalikan keindahan alismu.

Mitos Alis Rontok

Sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa mitos tentang alis yang mungkin kamu ketahui. Melalui sesi ini, yuk, kita coba luruskan sejumlah mitos tersebut.

Mencabut Alis secara Rutin Mengakibatkan Alis Rontok bahkan Botak

Proses Treatment Brow bomber Perapihan Alis by Everlash

Faktanya, mencabut alis hanya menghilangkan helaian rambut di alis, tidak berefek pada pertumbuhan folikelnya.

Selain itu, kebotakan alis tidak berhubungan sama sekali dengan pencabutan alis. Karena pada rentang usia produktif, alis berpotensi tumbuh lagi dalam kurun waktu 56 hari. Untuk mempercepat pertumbuhannya, kamu bisa menerapkan serum alis.

Pemakaian Pensil Alis Bisa Memicu Kerontokan Alis

Di sisi lain, ada pula yang menyebutkan bahwa memakai pensil alis bisa memicu kerontokan pada alis. Kenyataannya, pemakaian pensil alis tidak berhubungan dengan kesehatan alis. 

Hal ini dengan catatan jika produk yang kamu gunakan memang tidak membahayakan kesehatan alis, memiliki kualitas yang baik, dan pembersihan dari produknya pun benar.

Alis Rontok Hanya Terjadi pada Orang Tertentu

Fakta di lapangan, siapa pun bisa mengalami masalah ini, tidak peduli jenis atau warna kulit mereka. Karena alis rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetika, pola makan, dan perubahan hormon.

Mengoleskan Minyak atau Serum Akan Mengatasi Masalah Alis Rontok

Meskipun penggunaan minyak atau serum tertentu mungkin membantu meningkatkan pertumbuhan rambut di alis, ini tidak selalu mengatasi akar permasalahan. Penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mengatasinya dengan tepat, baik perawatan luar maupun dalam.

Alis Rontok Hanya Terjadi karena Penuaan

Benar jika penuaan bisa menjadi faktor penyebab alis rontok, tetapi banyak juga orang muda yang mengalami masalah ini. Penyebabnya pun bisa bervariasi dari stres hingga kebiasaan merias yang tidak tepat.

Penyebab Alis Rontok

Agar lebih jelas dan tidak terjebak oleh mitos-mitos di atas, mari cermati apa saja penyebab bulu alis rontok.

1. Bagian dari Proses Penuaan

Makin bertambahnya umur, performa tubuh pun mulai menurun, termasuk dengan kerontokan rambut; baik di kepala, alis, bulu mata, maupun lokasi lain. Hal ini normal.

Seiring waktu juga, sejumlah folikel rambut tidak lagi menghasilkan rambut. Selain itu, ketebalan batang rambut pun menipis, warna rambut memudar menjadi abu-abu, kemudian putih.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, seperti tiroid, baik hipertiroid maupun hipotiroid bisa mengakibatkan kerontokan pada bulu alis. Khusus pada kasus hipotiroid, hal ini bisa menyebabkan hilangnya sepertiga bagian lateral alis.[2]

3. Masalah Autoimun

Kerontokan alis juga bisa dipicu oleh sejumlah kondisi autoimun. Misalnya saja kondisi alopecia areata, alopecia fibrosing frontal yang menyerang pada wanita menopause[3], juga discoid lupus erythematosus.

4. Masalah Kulit

Kondisi kesehatan kulit juga mempengaruhi kesehatan rambut. Hal ini karena kulit menjadi tempat tumbuh rambut dari folikel di kulit.

Penyakit yang menyebabkan alis rontok di antaranya

  • dermatitis atopik,
  • psoriasis, juga
  • dermatitis seboroik.

Ketiganya memicu  ruam kulit yang gatal dan mengelupas. Bahkan peradangan kulit, kulit mengering, dan gesekan atau gatal pada area sekitar alis juga bisa mengakibatkan kerontokan.

5. Defisiensi Nutrisi

Asupan nutrisi seseorang memiliki dampak signifikan pada kesehatan tubuh, tak terkecuali kulit dan rambut. Agar rambut sehat, tubuh memerlukan sejumlah nutrisi untuk menyokongnya. 

Jika tubuh kekurangan nutrisi berupa asam lemak[4], biotin[5], serta zat besi[6] hal ini bisa menyebabkan kerontokan pada rambut alis.

6. Efek Samping Obat dan Perawatan Medis

Obat-obatan tertentu dalam perawatan medis juga bisa memicu masalah rambut rontok ini, baik di alis maupun area lain. Obat yang kemungkinan besar berkontribusi dalam hal ini, yaitu:

  • acitretin, obat kulit seperti psoriasis;
  • pengobatan kanker seperti kemoterapi; juga
  • asam valproat atau obat antikonvulsan untuk kejang dan gangguan bipolar.

7. Faktor Genetik

Meski terdengar sedikit janggal, nyatanya genetik atau keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut alis rontok.

Kasus seperti displasia ektodermal dan sindrom netherton bisa menyebabkan masalah ini.[7] Hal ini karena keduanya merupakan kondisi medis yang mempengaruhi kulit dan rambut.

Penyebab Lain Bulu Alis Rontok

Hal-hal berikut juga bisa menjadi pemicu rambut alis rontok;

  • stres
  • radiasi
  • amiloidosis
  • sarcoidosis
  • luka bakar kimia
  • trikotilomania atau kelainan mencabut rambut
  • karsinoma sel basal
  • fungoides mikosis folikulotropik
  • karsinoma sel skuamosa
  • sipilis
  • Penyakit Hansen (kusta)
Penyebab Alis Rontok, Cara Mengatasi, dan Rekomendasi Treatment Tepat

Cara Mengatasi Alis Rontok

Proses treatment Brow bomber

Langkah pertama dalam atasi alis rontok adalah identifikasi terlebih dahulu penyebabnya.

Jika kamu kesulitan mengidentifikasinya, berkonsultasilah dengan dokter guna mendapatkan treatment tepat untuk mengatasi masalah ini. Dalam beberapa kondisi, pengobatan ini mungkin berhasil mengatasi masalahmu.

1. Minoxidil

Minoxidil atau rogaine adalah obat topikal yang bisa kamu dapatkan bebas tanpa resep di apotik. Minoxidil terdiri dari obat untuk pria dan wanita. Ini bisa melancarkan pertumbuhan rambut yang terjeda dalam kurun waktu tertentu karena hormonal.[8]

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid untuk mengobati alopecia areata, eksim, dermatitis, atau psoriasis dengan meminimalisir peradangan juga respons imun.

3. Akupuntur

Akupuntur juga bekerja untuk meredakan alopecia areata dengan meminimalkan serangan pada folikel rambut, sehingga merangsang sirkulasi.

4. Anthralin

Umumnya terpakai untuk obat psoriasis. Namun, anthralin bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi peradangan karena sifatnya yang anti-inflamasi.

5. Minyak Jarak

Kemudian ada obat rumahan yaitu minyak jarak yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Minyak ini bisa menstimulasi folikel rambut dengan bekerja pada hormon tertentu.

6. Suplemen

Suplemen yang kaya antioksidan, asam lemak Omega-3, dan asam lemak Omega-6 bekerja secara efektif dalam mengatasi rambut rontok, baik pada perempuan maupun laki-laki.

7. Restorasi Transplantasi Alis

Eyebrow transplant restoration serupa dengan penanaman kembali rambut di kulit, khususnya alis. Tindakan ini berkaitan dengan pengambilan sebagian kulit dari area yang memiliki tingkat pertumbuhan rambut tinggi, kemudian menanamkan folikel tersebut ke area alis yang tipis atau jarang.

8. Bimatoprost

Bimatoprost atau Latisse juga bisa mengatasi TE (Telogen Effluvium) dan jenis kerontokan alis lainnya dengan memperpanjang siklus pertumbuhan rambut.[9] Tujuannya adalah agar rambut memiliki waktu untuk tumbuh lebih panjang. Ini membantu pertumbuhan bulu mata dan alis.

Rekomendasi Treatment Alis Rontok

Pengobatan jelas membutuhkan waktu hingga bisa terlihat hasilnya. Nah, beberapa orang memilih untuk menyembunyikan kerontokan bulu alis mereka dengan riasan dari salon kecantikan profesional. Keuntungan melakukan treatment ini bukan hanya memperindah tampilan, tetapi juga menutrisinya. 

Beberapa jenis treatment yang bisa kamu pilih antara lain:

Kedua layanan ini, bisa kamu dapatkan di Everlash.id. Untuk memesannya, langsung hubungi WhatsApp dan konsultasikan masalahmu.

Dengan perawatan yang tepat, bukan hanya mengatasi masalah alis rontok, tetapi juga mendapatkan alis yang sehat dan indah. Jadilah percaya diri dengan penampilan terbaikmu. Everlash.id siap membantumu mencapai tujuan tersebut.

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.