Nails
5 min read

Cara Menjaga Kesehatan Kuku dan Rekomendasi Perawatannya

Cara Menjaga Kesehatan Kuku dan Rekomendasi Perawatannya
Written by
Full Name
Published on
May 28, 2024

Kuku tak hanya menjadi bagian penting dari jari tangan dan kaki, tapi juga mencerminkan kesehatan dan kecantikan. Kuku yang sehat dan terawat akan membuat seseorang tampil percaya diri. Namun, kesibukan dan berbagai aktivitas sehari-hari terkadang membuat siapa pun lupa untuk memperhatikan kesehatan kuku.

Sebenarnya, bagaimana sih, cara tepat menjaga kesehatan kuku? Artikel ini akan mengupas tuntas tentang cara menjaga kesehatan kuku dan perawatannya agar kuku selalu tampak alami, sehat, dan cantik.

Proses Treatment Kuku by Pigmentier

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kuku

Kuku yang sehat bukan hanya masalah estetika semata. Mereka juga menjadi indikator kesehatan yang penting.

Kuku yang pucat, rapuh, atau bergaris bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti defisiensi nutrisi, gangguan hormonal, penyakit tertentu, atau infeksi. Lebih jelas, ini beberapa faktor pentingnya menjaga kesehatan kuku:

1. Sebagai Tanda Kesehatan Secara Umum

Kuku yang sehat cenderung berwarna merah muda dengan permukaan yang datar, halus, dan tidak bergelombang. Kuku juga kuat dan tidak mudah patah juga memiliki kutikula yang utuh.

Jika kuku berubah warna; entah pucat, kuning, kebiruan, atau mengalami masalah lain, itu bisa menjadi ciri kuku tidak sehat dan membutuhkan perawatan.

Memang, seiring bertambahnya usia, kuku akan mengalami perubahan warna dari warna kuning menjadi abu-abu dengan tampilan kusam, pucat, atau buram.[1] Namun, ada kondisi lain yang perlu kamu perhatikan jika faktor utama perubahan warna kuku bukanlah usia lanjut atau lansia.

Selain itu, kuku yang kering, pecah, atau kusam bisa menjadi tanda defisiensi nutrisi. Kamu bisa atasi dengan menerapkan losion yang melembapkan.

Di sisi lain, kuku yang menonjol vertikal memanjang dari kutikula ke ujung kuku bisa menjadi indikator adanya penyakit khusus, seperti diabetes. Namun, hal demikian perlu pemeriksaan lebih lanjut.

2. Sebagai Indikator Nutrisi

Defisiensi zat besi, kalsium, dan vitamin tertentu dapat memengaruhi kesehatan kuku. Kuku yang rapuh atau mudah patah bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu kekurangan nutrisi penting.

3. Bentuk Perlindungan

Kuku yang kuat dan sehat membantu melindungi ujung jari dari cedera juga infeksi. Kuku juga membantu dalam tugas sehari-hari, seperti mengambil barang.

4. Meningkatkan Penampilan

Kuku yang sehat dan terawat akan membuat siapa pun tampil lebih rapi dan menarik serta meningkatkan kepercayaan diri.

Cara Menjaga Kesehatan Kuku dan Rekomendasi Perawatannya

Tips Kesehatan Nails dari Dalam

Cara Merawat Kuku dengan membersihkan tangan

Menjaga kuku agar tetap sehat dan terawat tidaklah sulit. Dengan beberapa perawatan juga kebiasaan baik yang tepat, kamu bisa memiliki kuku yang kuat dan sehat.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan kuku.

1. Menjaga Kebersihan

Cara merawat kuku yang pertama, jagalah kuku tetap bersih, kering, dan lembap, dengan cara: 

  1. Kamu bisa mencuci tangan dengan benar jika tangan kotor untuk menjaga kebersihannya.
  2. Kemudian potong kuku secara rutin, jangan terlalu pendek untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman. Sebelum memotong kuku, pastikan alat pemotong kuku steril dan bersih. 
  3. Selain itu, pastikan setelah memotong kuku segera mengamplasnya dengan alat kikir untuk menghindari bagian tepi kasar, bergerigi, juga tajam.[2]

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanlah makanan yang sehat dan bergizi seimbang yang kaya nutrisi. Pola makan yang bergizi seimbang dan sehat memiliki kontribusi besar terhadap kesehatan kuku dan kulit.

3. Hindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti menggigit kuku bukan hanya tidak higienis, tetapi bisa menyebabkan infeksi apabila terdapat luka dalam area sekitar kuku.[3] Kamu bisa identifikasi terlebih dahulu pemicunya. Kemudian atasi pemicu kebiasaan buruknya untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini agar tidak timbul.

Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan cat kuku yang rasanya pahit ke kuku. Cat kuku ini bisa kamu dapatkan tanpa resep karena terjual bebas. Pastikan juga formulanya aman. Rasa yang tidak enak ini bisa membuat orang enggan menggigit kuku.

4. Perhatikan Penggunaan Produk Kuku

Tidak ada yang salah memang dengan menghias kuku dengan nail art dan aksesoris. Namun, tetap perhatikan formula kuteksnya dan kesehatan kuku. Hal ini karena kuku juga perlu bernapas dengan bebas tanpa pewarna kuku.

Ketika membersihkan kuku pun perlu memperhatikan kandungan kimianya. Pastikan remover-mu tidak mengandung aseton.

5. Lindungi Kuku

Gunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau tugas yang melibatkan kontak dengan bahan kimia atau air. Ini akan melindungi kuku dari kerusakan juga perubahan warna.

Selain itu, hindari pemakaian cat kuku dengan intensitas terlalu sering karena pada kondisi tertentu bisa menyebabkan kuku kering dan rapuh. Kamu juga bisa menggunakan base coat sebelum mengaplikasikan cat kuku untuk melindungi kuku.

Treatment Perawatan Kuku agar Sehat dan Cantik

Dampak positif dari perawatan kuku yang tepat, yaitu kuku lebih kuat, bersih, cantik, dan tampilan kuku lebih sehat alami terawat.

Namun, untuk perawatan kuku yang lebih intensif, pertimbangkan untuk melakukan treatment di salon profesional seperti Everlash.id. Dengan berbagai layanan perawatan, seperti manicure dan pedicure yang disesuaikan dengan kebutuhan, kamu bisa mendapatkan kuku yang sehat dan cantik dengan hasil yang tahan lama.

Jika kamu tertarik untuk merawat kuku dengan treatment profesional, jangan ragu untuk menghubungi WhatsApp kami. Tim akan dengan senang hati membantumu merancang jadwal perawatan dan menjawab pertanyaan yang mungkin kamu miliki.

Dengan treatment perawatan kuku yang tepat, kamu tidak hanya mendapatkan kuku yang cantik dan sehat, tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan di salon dengan tenaga profesional. Jadikan pemeliharaan kesehatan kuku sebagai bagian dari rutinitas kecantikanmu dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan juga penampilanmu secara keseluruhan.

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.