Nails
5 min read

Cara Merawat Kuku & Rekomendasi Perawatan agar Kuku Cantik nan Sehat

Cara Merawat Kuku & Rekomendasi Perawatan agar Kuku Cantik nan Sehat
Written by
Full Name
Published on
May 28, 2024

Kuku yang indah dan sehat bukan hanya soal estetika, tapi juga menjadi indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai masalah kuku seperti rapuh, gampang patah, kering, atau kusam dapat menandakan kekurangan vitamin atau mineral tertentu. 

Oleh karena itu, melakukan perawatan kuku dengan tepat adalah hal penting untuk menjaganya agar tetap sehat alami dan cantik.

Cara Merawat Kuku agar Tetap Sehat

Umumnya, orang menganggap bahwa nails art hanya untuk kuku panjang. Nyatanya, ada beberapa nail art simpel yang cocok untuk kuku pendek. Seperti tampilan My Nails But Better ini. Namun, di balik kecantikannya terdapat kuku yang sehat.

Bukan hanya soal estetika, kuku yang sehat juga menjadi kunci untuk tampil menarik dan percaya diri. Dan untuk mendapatkan kuku yang sehat, bisa kamu mulai dari perawatan keseharian berikut ini.

Melalui perawatan yang tepat, kamu bisa menjaga kuku tetap kuat, mengurangi risiko kerusakan, dan mencegah masalah kesehatan.

1. Jaga Kuku Tetap Bersih dan Kering

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan cara merawat kuku yang benar dengan mencuci tangan rutin dan memangkas kuku secara rutin. Hal ini untuk mencegah penumpukan kotoran juga kuman yang bisa menyebabkan infeksi, seperti infeksi cacing kremi.

Di sisi lain, ada perbedaan signifikan antara kuku panjang dan pendek. Kuku panjang bisa menampung lebih banyak kotoran dan bakteri daripada kuku pendek. Alhasil berpotensi memberi kontribusi lebih besar terhadap infeksi.

Untuk memangkas kuku, terapkan beberapa tips memotong kuku berikut:

  1. Pakai gunting kuku khusus yang tajam.
  2. Pangkas kuku secara lurus horizontal, lalu ujungnya bentuk lengkungan.
  3. Pastikan untuk tidak memangkas terlalu pendek. Setelahnya, kikir menggunakan alat kikir khusus agar tidak ada sisi tajam.
  4. Jika kuku kaki sudah tebal dan sulit dipotong, kamu bisa rendam kaki dalam air garam hangat lebih dulu. Campurkan satu sendok teh garam per liter air dan rendam selama 5 hingga 10 menit. Setelahnya potong dengan hati-hati.
  5. Selain itu, pastikan kondisi jari dan kuku selalu kering.

Untuk mencuci tangan, pastikan mencuci di air mengalir. Kemudian terapkan sabun, gosok dengan brush khusus untuk menghilangkan kotoran pada bagian bawah kuku, dan bilas dengan air bersih. Jangan terlalu lama di dalam air karena dapat meningkatkan risiko onikoskizia-kelainan pada kuku.

Apabila pekerjaanmu mengharuskan tangan sering basah, pertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan guna melindungi kuku.

2. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang dan Cukup Cairan

Tahukah bahwa asupan makanan juga berpengaruh pada kesehatan kuku?

Tubuh yang kekurangan kalsium, vitamin B kompleks, zat besi atau zinc, omega-3, asam folat, dan vitamin C bisa memicu kuku pecah-pecah, kering, dan rapuh. Untuk menguatkan kuku jari yang rapuh dan pecah-pecah, kamu bisa mencoba meminta rekomendasi dokter untuk menggunakan suplemen biotin.[1]

Biotin merupakan vitamin B7 yang bisa kamu temukan secara alami dalam telur matang, salmon, buah alpukat, ubi jalar, dan biji-bijian.[2] 

Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas aman sesuai anjuran dokter untuk menghindari efek samping.[3][4] Konsumsi biotin dosis tinggi bisa memberikan efek yang memengaruhi hasil tes tiroid dan jantung.

Selain itu, pastikan mengasup cairan dalam jumlah yang cukup. Tubuh yang kekurangan cairan juga berdampak pada kuku kering dan rapuh, mudah patah. Untuk itu, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan harian sebanyak 8 gelas per hari.

3. Pastikan Merawat Kuku Sesuai Masalahnya

Merawat kuku memang penting, namun pemeliharaannya perlu disesuaikan dengan jenis kuku dan masalahnya.

Jika area kuku kering dan pecah-pecah, cobalah untuk mengaplikasikan losion yang memberikan efek moisturizer. Usapkan losion ke kuku dan kutikula untuk menjaga kelembapannya. Dengan mengoleskan losion dan menjaga kelembapannya, hal ini bisa membantu mencegah dan mengatasi masalah kuku pecah-pecah.[5]

Cara mengatasi kuku kering lainnya, yaitu dengan menghindari penggunaan alat atau produk yang bisa memperparah tingkat kering kuku. Apabila kuku cenderung mudah patah, gunakan produk yang mengandung kalsium atau protein untuk menguatkan kuku.

Di sisi lain, kuku yang mudah terkelupas, perlu menghindari produk dengan kandungan kimia keras yang ada di produk perawatan kuku, kuteks, atau penghapus cat kuku. Sebagai gantinya, gunakan produk dengan kandungan bahan alami yang lebih soft dan ringan di kuku, seperti kuteks berbasis air.

Cara Merawat Kuku & Rekomendasi Perawatan agar Kuku Cantik nan Sehat

4. Jangan Menggigit Kuku

Menggigit atau memasukkan jari ke mulut merupakan tindakan tidak higienis. Selain itu, kegiatan ini bisa merusak kutikula dan kulit di sekitar kuku. Di sisi lain, aktivitas ini meningkatkan risiko infeksi apabila terjadi luka di area tersebut.

Apabila kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan, pertimbangkan untuk mengurangi beberapa penyebabnya, seperti stres.[6] 

5. Jangan Mengabaikan Masalah

Apabila kamu memiliki masalah kuku yang tidak kunjung hilang dengan sendirinya atau berhubungan dengan tanda juga gejala lain, segera kunjungi dokter dan konsultasikan masalah tersebut untuk mendapat evaluasi juga treatment yang tepat.

Proses Treatment Manicure

Rekomendasi Treatment Perawatan Kuku agar Sehat

Selain pemeliharaan kuku di atas, kamu bisa memanfaatkan layanan profesional untuk mempercantik tampilan kuku tanpa mengesampingkan kesehatannya.

Biasanya, layanan ini mencakup pemotongan dan pemodelan kuku, perawatan kutikula, pengangkatan sel kulit mati, serta pemijatan yang memanjakan hingga pewarnaan kuku juga penambahan aksesoris untuk mempercantik tampilannya.

Namun, sebelum melakukan treatment, pastikan untuk memilih salon kuku yang bersih, menggunakan peralatan steril, dan memiliki pegawai yang berpengalaman.

Buat kamu yang memiliki masalah kuku khusus atau ingin perawatan yang lebih intensif, jangan ragu untuk mengunjungi everlash.id sekarang juga dan hubungi melalui nomor WhatsApp untuk informasi lebih lanjut tentang produk perawatan kuku atau nail art: Nails MNBB #MyNailsButBetter yang tampak sehat alami.

Jadi, perawatan kuku bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang kesehatan dan kepercayaan diri. Dengan merawat kuku secara teratur dan mendapatkan treatment yang berkualitas, kamu bisa mendapatkan jari-jari dengan kuku yang indah dan sehat. Jika kamu membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk memanfaatkan layanan profesional Everlash.

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.