Threading
5 min read

Penyebab Alis Tidak Simetris, Cara Mengatasi, dan Treatmentnya

Penyebab Alis Tidak Simetris, Cara Mengatasi, dan Treatmentnya
Written by
Full Name
Published on
May 28, 2024

Sedang bercermin dan baru menyadari jika alis tidak simetris? Bingung dan frustasi bagaimana mengatasinya?

Alis yang simetris adalah salah satu elemen kunci dalam menciptakan penampilan yang seimbang dan indah. Namun, perlu kamu pahami bahwa tidak semua orang memiliki alis yang sempurna simetris.

Jika kamu merasa khawatir tentang hal ini, jangan khawatir! Kenali apa saja penyebabnya, cara mengatasi, dan treatment yang tersedia untuk membantumu mendapatkan alis yang lebih simetris serta sehat.

Mitos Alis Tidak Simetris

Bagi sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan, alis asimetris bisa menciptakan keresahan berlebihan. Apalagi didukung dengan sejumlah mitos yang beredar di masyarakat. Tentu ini bisa menambah kegelisahan seseorang. Namun, benarkah mitos ini? 

Alis Asimetris Hanya Terjadi pada Orang dengan Alis Tebal

Tidak.

Faktanya, ketidaksimetrisan alis bisa terjadi pada siapa pun, terlepas dari ketebalan alis mereka. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti struktur tulang wajah dan kebiasaan grooming.

Alis Asimetris Tidak Bisa Diperbaiki

Meskipun alis tidak selalu bisa menjadi sempurna simetris, ada sejumlah cara membuat alis terlihat simetris sehingga penampilan menjadi lebih baik dan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Mencukur atau Mencabut Alis Bisa Membuat Pertumbuhan Rambut Alis Simetris

Tindakan mencabut alis ini bisa memperburuk ketidaksimetrisan alis. Bahkan merusak folikel rambut hingga menyebabkan pertumbuhan yang tidak teratur. Sedangkan tindakan pencukuran alis hanya memangkas rambut hingga pendek mendekati kulit, sementara rambut tetap bisa tumbuh di area yang sama.

Jadi, pertumbuhan rambut alis yang simetris atau tidak, tidak ada hubungannya dengan tindakan pencabutan atau pencukuran alis.

Penyebab Alis Tidak Simetris

Seperti yang sudah tersebut pada fakta poin pertama mitos tentang alis: ada banyak faktor mengapa bentuk alis tak simetris, di antara:

1. Kebiasaan Grooming yang Buruk

Ketika kamu melakukan ‘perapian’ alias dengan cara waxing, mencabut alis secara sembarangan, dan tweezing berlebihan, hal ini bisa mengakibatkan alis tampak tidak rata atau asimetris.

2. Alis Rontok

Alopecia fibrosing frontal merupakan kerontokan rambut di berbagai area, salah satunya alis. Jenis ini bisa menimpa pria maupun wanita, pada level rontok parah bisa mengakibatkan alis tak simetris.

3. Botox

Pernah memperhatikan bagian bawah alis? Di bagian ini terdapat otot bernama corrugators dan bagian atasnya bernama frontalis.[1] Umumnya, suntik botox dilakukan di area ini untuk menghindari keriput, garis di antara alis, atau kerutan di dahi. Dengan suntik botox, wajah jadi terlihat muda dan bebas dari kerutan juga lebih halus.

Sayangnya, tidak menutup kemungkinan tindakan ini menimbulkan efek samping, yang membuat otot lain tertarik dan berefek pada alis yang jadi terlihat tidak simetris.

4. Asimetri Tulang Wajah Bawaan

Penyebab alis asimetris lainnya bisa saja dari asimetri tulang wajah bawaan di mana sisi lain lebih kecil dari sisi satunya. Alis yang ada di sisi wajah lebih kecil bisa lebih rendah daripada sisi satunya.

5. Ptosis

Ptosis merupakan penurunan kelopak mata bagian atas hingga menutupi mata.[2][3] Hal ini bisa terjadi karena otak mengirimkan sinyal ke reseptor di mata untuk menaikkan alis pada sisi tersebut guna membantu mengangkat kelopak mata yang terkulai agar mata bisa melihat dengan lebih baik. 

Namun, secara tidak sengaja hal ini malah membuat penampakan alis menjadi berbeda alias tidak simetris.

6. Penyebab Lain

Penyebab lain dari asimetri alis bisa terjadi karena:

  • otot atau saraf di area alis/wajah melemah (Bell's Palsy),
  • histori operasi di area tersebut,
  • perbedaan pertumbuhan rambut alis di kedua sisi,
  • faktor keturunan,
  • proses penuaan yang normal,
  • posisi tidur yang salah,
  • dan faktor lain.
Penyebab Alis Tidak Simetris, Cara Mengatasi, dan Treatmentnya

Cara Mengatasi Alis Tidak Simetris

Alis yang tak simetris bukan hal mudah dan instan untuk diperbaiki. Namun kabar baiknya, ada sejumlah perawatan yang mungkin bisa membantu.

1. Sabar

Apa hubungannya mengatasi alis tidak simetris dengan sabar?

Alis yang asimetris bisa tampak kentara maupun tidak. Penyebabnya pun berbeda yang mana memengaruhi perawatannya. 

Jika alis tampak asimetris karena grooming berlebihan, cobalah bersabar untuk menunggu pertumbuhan rambut baru. Pertumbuhan ini bisa terlaksana dalam waktu 4 Minggu hingga tahunan sampai kamu mendapatkan alis yang kamu mau. Untuk booster, kamu bisa gunakan gel serum untuk mempercepat menstimulasi pertumbuhan rambut alis dan melebatkannya.

2. Obat

Jika alismu tidak rata karena alis rontok yang penyebabnya alopecia, kamu bisa gunakan obat oral maupun dalam yang banyak dijual bebas di apotek.

3. Prosedur Medis

Pada penyuntikan botox pertama kali, alis bisa saja tidak simetris. Kamu bisa kembali ke klinik kecantikan tersebut dan mendapatkan suntikan tambahan untuk menyamakan alis.

Selain itu, ada juga operasi pengencangan alis untuk memperbaikinya. Namun, hal ini membutuhkan diagnosis dokter agar tidak salah perawatan. Biasanya, hal ini untuk memperbaiki alis yang tidak simetris yang terjadi akibat faktor genetik.

4. Make Up

Mau metode instan? Permainan rias wajah juga bisa menghasilkan efek unik pada penampilanmu. Kamu bisa memanfaatkan skill berdandan atau mengunjungi salon kecantikan untuk mendapatkan alis sempurna.

Rekomendasi Treatment Alis Tidak Simetris

Proses Treatment Everlash Threading

Tidak semua orang memiliki kemampuan baik dalam berdandan. Daripada penampilanmu tidak sesuai harapan, manfaatkan saja bantuan profesional untuk mendapatkan kecantikan wajah yang sempurna.

Buat kamu yang ingin alis tampak simetris dan indah natural, kamu bisa memanfaatkan layanan treatment Everlash.id berupa:

Bukan hanya menghasilkan  alis yang sempurna, dalam treatment pun sudah termasuk dengan pemberian nutrisi agar alis jadi lebih sehat. Double benefit, kan?

Untuk mendapatkan treatment yang tepat, konsultasikan masalah alis tidak simetris melalui WhatsApp dan dapatkan jawaban tepat untuk perawatan yang tepat.

Dengan perawatan alis tidak simetris yang tepat, kamu bisa meningkatkan tingkat simetri alis dan membuat penampilan tampak sempurna.

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.